Jika kamu membayar uang DP lebih besar, maka jumlah cicilan di kemudian hari akan lebih kecil. Untuk itu, pastikan kamu benar-benar memperhitungkan budget dan pendapat bersih kamu setiap bulannya. Namun, konsumen perlu ingat agar tidak terburu-buru mengambil keputusan untuk membeli rumah yang ditawarkan. Hal ini mengingat banyaknya developer bodong yang memberi iming-iming diskon besar atau harga murah di bawah harga pasar. Perlu dicatat, berdasarkan data tahunan BPKN, tercatat pengaduan konsumen sepanjang 2020 mencapai 1.276 laporan. Dari jumlah itu, pengaduan konsumen sektor perumahan mencapai 507 laporan, atau tertinggi dibanding sektor lain.

Selain rumah dengan konsep minimalis tak lekang oleh waktu, desain ini juga mudah disukai saat Anda berencana menjual atau menyewakan rumah. Mengingat Anda tak bisa mengetahui selera calon pembeli atau penyewa, tetapi konsep rumah minimalis terbilang netral dan mudah diterima orang lain. Rumah minimalis juga mudah untuk direnovasi atau didekorasi sesuai dengan selera.

Namun, pilihlah agen properti yang terpercaya, sehingga mampu memberikan nasihat seputar tips membeli rumah pertama dengan baik. Jika ya hitunglah berapa total kewajiban Anda membayar cicilan tersebut setiap bulannya. Jangan sampai dengan membeli rumah pertama justru membuat cicilan kredit ini terbentur dan mengganggu pos pengeluaran Anda. Jika total pengeluaran cicilan Anda belum sampai 30% ini merupakan kabar baik. Pastikan bangunan tempat tinggal tersebut menggunakan bahan kontruksi yang kuat dan aman dalam kurun waktu yang lama.

Meski nama pengembang sudah sering Anda dengar dan dikenal bonafid serta kredibel, tidak ada salahnya jika Anda tetap mencari informasi tentang pengembang tersebut. Pilih pengembang yang setidaknya telah berkecimpung di dunia properti minimal 5 tahun. Anda perlu memeriksa track record pengembang, apakah sering terlambat untuk serah terima? Anda dapat mengetahui informasi ini dengan mencari testimoni di internet atau melalui kerabat Anda.

Menggunakan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) memang menjadi cara yang paling populer digunakan oleh masyarakat ketika ingin membeli rumah. Cara ini dianggap sangat ampuh terutama untuk mereka yang memiliki keterbatasan dana membeli hunian dengan cara tunai. Pasalnya, jika kamu membeli rumah secara tunai, harga rumah yang dibayarkan tidak akan melambung tinggi akibat bunga cicilan.

Meskipun terdengar sepele, Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu terhadap lingkungan rumah tersebut. Oleh sebab itu, Anda harus menjaga rekam jejak kredit dengan baik dengan cara rajin membayar cicilan dan memastikan tiada kendala pembayaran pinjaman di bank. Kamu harus memperhatikan legalitas dari rumah yang ingin dibeli dari developer untuk menghindari masalah yang dapat terjadi di kemudian hari.

Langkah ini cukup penting untuk memastikan apakah rumah yang diincar sudah terjual atau belum dan membuat perjanjian dengan pihak penjual untuk mengecek kondisi fisik rumah. Selain lokasi, fasilitas di sekitar rumah dan kondisi lingkungan juga perlu dipertimbangkan. Akses jalan, fasilitas umum, kebersihan lingkungan, dan keamanan harus menjadi faktor penentu dalam memilih rumah.

Pastikan tidak ada rekam jejak negatif yang bisa menghilangkan kepercayaan kamu sebagai pembeli. Cipass Residence tanah yang digunakan pengembang untuk membangun rumahmu. Rumah yang menjadi impian tidak selalu sesuai dengan keadaan finansial saat itu.

AJB harus dilakukan bersama developer di hadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Jika sertifikat belum balik nama, maka kamu tidak dapat melakukan alih kredit ke bank lain dari bank saat ini. Sebab, pihak bank akan meminta sertifikat atas nama kamu agar bank dapat menyetujui pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Jika memungkinkan, pertimbangkan KPR Syariah yang menawarkan kepastian cicilan dan berbagai keuntungan lainnya.

Karena seperti yang kita tahu, utang merupakan beban yang membuat pengelolaan keuangan semakin sulit. Di sisi lain, saat kamu bertambah usia, kemampuan bekerja dan tenaga untuk menghasilkan uang tentu akan menurun. Sehingga, usia yang masih muda seperti saat ini menjadi keuntungan untuk kamu agar bisa menabung dan mengumpulkan banyak uang. Sehingga, mau tidak mau permintaan akan sandang, pangan, dan papan juga mengalami peningkatan. Kenaikan permintaan papan (rumah) juga turut menjadi faktor pendorong naiknya harga rumah. Penandatanganan Akta Jual Beli (AJB) pun harus dilakukan di hadapan PPAT untuk menjamin keabsahan transaksi.

پیمایش به بالا